5 Cara Membersihkan Noda Lemak di Piring

Noda lemak yang ada pada piring atau peralatan lainnya adalah noda yang membuat tidak nyaman dan mengganggu.

Hal tersebut menjadi PR buat para ibu rumah tangga. Maka dari itu berikut akan dibahas mengenai pilihan cara membersihkan lemak di piring.

1. Air panas

Noda lemak di piring sulit dibersihkan? Tenang, jangan sedih dulu. Yang harus kamu lakukan ialah menghilangkan kebiasaan mencuci piring dengan air dingin.

Jika piring dalam kondisi penuh berminyak, sebaiknya piring tersebut dibilas atau direndam dengan air panas terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengangkat lemak secara maksimal. Apabila mencucinya dengan air dingin, lemak di piring akan lebih sulit terangkat.

2. Ekstrak jeruk nipis atau lemon

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menuntaskan lemak pada peralatan makan yaitu dengan ekstrak perasan jeruk nipis atau lemon. Jenis jeruk ini ampuh menghilangkan lemak dan bau amis dari makanan berlemak dari piring.

Caranya mudah kok, kamu cukup membelah jeruk nipis atau lemon menjadi dua. Selanjutnya gosokkan di piring hingga noda lemak menghilang. Lalu bilas dengan air mengalir hingga bersih.

4. Baking soda

Ternyata lemak di piring juga dapat dihilangkan dengan bahan alami lho. Kamu bisa mengandalkan  baking soda untuk membasmi lemak membandel di piring makanmu.

Baking soda yang memiliki sifat alkali berfungsi menghilangkan noda lemak dan minyak tanpa merusak permukaan peralatan dapur maupun pada tangan. Terlebih dahulu kamu campurkan baking soda dan air hingga menjadi pasta. Lalu ambil pasta tadi dengan spons dan gosokkan pada piring yang berminyak. Terakhir bilas hingga benar-benar bersih dan kesat.

5. Sabun anti bakterial

Selain ke empat bahan alami di atas sebagai penghilang lemak di piring, pilihan lainnya kamu pun juga memerlukan sabun pencuci khusus agar hasil cucian lebih optimal.

Sabun yang memiliki kandungan ekstrak jeruk nipis dan anti bakterial juga bisa membuat hasil cucian lebih sempurna. Mencuci piring dengan kandungan anti bakterial akan lebih memudahkan mengangkat kotoran dibanding dengan sabun biasa.

Supaya kegiatan mencuci piringmu bisa dilaksanakan dengan benar dan mudah, maka gunakan salah satu dari 5 cara membersihkan lemak tadi ya.