5 Cara Mencegah Nasi Basi di Rice Cooker

Adanya rice cooker bisa membuat aktivitas menanak nasi jadi jauh lebih praktis. Selain mematangkan nasi, rice cooker juga menjaga nasi agar selalu hangat sehingga menambah nafsu makan.

Tapi, kadang kala kita menghadapi masalah, di mana nasi yang harapannya tetap lezat dengan adanya rice cooker justru cepat basi. Misalnya, nasi yang baru dimasak sore hari, esok paginya ternyata sudah basi.

Tapi tenang, jika kamu pernah menghadapi masalah serupa, kamu bisa melakukan beberapa tips agar nasi yang dimasak dengan rice cooker tidak cepat basi.

1. Jaga kebersihan rice cooker

Menjaga rice cooker tetap bersih merupakan faktor yang sangat penting untuk menjaga nasi agar tidak cepat basi dan tetap enak. Setelah selesai digunakan, panci harus segera dicuci dengan air hangat dan sabun supaya kerak yang menempel bisa mudah dihilangkan.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan semua bagian dalam dan luar rice cooker. Jaga bagian dalam rice cooker agar selalu bersih untuk menjaga kualitas rice cooker dan nasi.

2. Cuci beras hingga bersih

Meskipun tampak sepele, tapi proses mencuci beras bisa memengaruhi kualitas beras setelah dimasak. Sebelum dimasak, pastikan kamu mencuci beras hingga bersih. Air beras yang keruh dapat menjadi indikasi bahwa masih terdapat kotoran dan bakteri pada beras yang dapat memicu nasi yang dimasak jadi mudah basi.

Cuci beras dengan air bersih cukup sampai 3 kali bilas. Mencuci beras hingga berkali-kali tidak akan membuat beras jadi bersih. Justru menyebabkan gizi pada beras berkurang.

3. Gunakan air dan beras dengan perbandingan yang tepat

Perbandingan air dan beras juga bisa sangat memengaruhi kualitas nasi yang dihasilkan. Di mana perbandingan yang tepat bisa membuat beras lebih lezat dan awet.

Jika air yang ditambahkan terlalu sedikit, ini akan membuat nasi jadi keras dan kurang sedap. Begitupun jika air yang digunakan terlalu banyak, maka nasi yang dihasilkan akan terlalu lembek.

Umumnya, perbandingan yang tepat adalah tiap satu cangkir beras ditambahkan dengan dua cangkir air. Tapi, sebenarnya hal ini juga tergantung pada jenis beras yang digunakan.

4. Beri bahan tambahan

Kamu bisa menambahkan bahan lain agar nasi jadi lebih wangi dan lezat. Misalnya, kamu bisa menambahkan jus jeruk nipis untuk membuat nasi tidak cepat basi karena jeruk nipis bersifat anti bakteri. Kamu bisa menggunakan satu butir jeruk nipis untuk 1 kg beras.

Jika kamu ingin nasi yang dihasilkan lebih gurih, kamu bisa menambahkan garam dan minyak zaitun. Kemudian, agar nasi memiliki aroma yang menggugah selera, kamu bisa menambahkan beberapa helai daun pandan.

5. Aduk nasi yang telah matang

Mengaduk nasi setelah matang juga bisa membuat nasi lebih awet. Saat nasi sudah matang, rice cooker akan mengeluarkan bunyi dan tombol berpindah dari cook ke warm. Begitu nasi matang, segera aduk nasi agar uapnya dapat terbebas.

Dengan mengaduk nasi yang telah matang, gumpalan uap yang terperangkap pada butir-butir nasi bisa keluar, yang membuat nasi lebih enak dan tidak mudah basi.

Dengan melakukan semua tips di atas, kamu tidak perlu khawatir nasi di rice cooker jadi cepat basi. Yang tak kalah penting, pastikan kamu memasak nasi sesuai kebutuhan agar tidak ada nasi yang terbuang percuma.