5 Rahasia Memasak Nasi Pulen dan Harum

Nasi merupakan makanan pokok bagi sebagian besar orang Indonesia. Makan terasa tidak lengkap tanpa nasi.

Kalau kamu pernah makan di restoran, tentu tahu bahwa nasi di sana terasa lebih gurih, pulen, dan harum. Kamu juga bisa masak nasi seperti itu di rumah tanpa harus merogoh kocek lebih dalam. Cukup praktikkan sejumlah tips berikut ini.

1. Jangan mencuci beras lebih dari tiga kali
Yang pertama harus kamu ingat adalah soal urusan mencuci beras. Cukup cuci beras tiga kali sampai bersih dengan air mengalir.

Jangan mencuci beras terlalu lama atau banyak. Itu tidak akan membuatnya semakin bersih, melainkan bisa menghilangkan seratnya.

2. Perhatikan takaran beras dan air yang tepat
Perhatikan takaran beras dan air untuk menghasilkan nasi yang pulen dan enak. Kamu bisa menerapkan perbandingan 1:2, yang artinya satu gelas beras dan dua gelas air.

Terlalu banyak menuangkan air membuat nasi jadi lembek. Sedangkan air yang terlalu sedikit bikin nasi jadi kering.

3. Tambahkan bumbu ekstra
Untuk membuat beras yang harum dan rasanya kuat, perlu ada bumbu ekstra. Kamu bisa menambahkan garam atau penyedap rasa untuk membuat nasi gurih.

Tambahkan pula daun pandan atau bumbu rempah. Kamu juga bisa menambahkan minyak zaitun atau minyak kelapa supaya lebih beraroma.

4. Tambahkan air jeruk nipis
Selain menggunakan bumbu ekstra, kamu juga bisa menambahkan air perasan jeruk nipis ke dalam nasi yang akan dimasak. Air jeruk nipis akan akan membuat nasi jadi lebih harum dan tahan lama.

5. Aduk beras setelah dimasak
Supaya tekstur nasi bisa pulen dan gak gampang basi, nasi perlu diaduk setelah matang. Diamkan selama 5-10 menit setelah matang, lalu aduk nasi secara merata. Hal ini akan membuat uap air keluar dan nasi jadi gak gampang basi.

Itulah beberapa tips memasak nasi gurih yang benar. Semoga bisa membantumu mendapatkan rasa nasi gurih yang nikmat sesuai harapan ya!