5 Tips Baking Untuk Pemula

Tips Baking Untuk Pemula

Suka makan kue atau roti tapi tidak tahu cara membuat roti. Setiap orang ingin coba membuat roti atau kue yang enak dari tangannya sendiri. Selain menjawab rasa penasaran, tentunya juga sehat dan mengirit uang belanja.

Untuk para pemula yang ingin belajar membuat kue pasti bingung harus mulai dari mana, apa yang harus di siapkan, dan sebagainya. Awal pertama kali yang terbesit dalam pikirannya yaitu ribet, repot, dan takut kuenya gak enak. Ini beberapa tipsnya.

1. Kenali Bahan-Bahan
Cara membuat roti yang enak tentunya berasa dari bahan-bahan yang masih segar dan bagus. Sebelum membuat roti pastikan kamu mengenali bahan-bahanya dan pilihlah bahan yang masih bagus.

Pastikan kenali dulu bahan-bahan yang akan kamu gunakan. Karena setiap bahan yang digunakan memiliki fungsi yang berbeda pada adonan roti. Yang paling umum yaitu baking soda dan baking powder, banyak yang masih bingung dengan dua bahan tersebut. Soda kue dan baking soda itu sama. Baking powder dan baking soda itu berbeda.

Baking soda adalah bahan dasar yang masih membutuhkan asam (contoh: cuka, jeruk, dan lemon) untuk mendapatkan reaksi kimia yang diinginkan. Kekuatan baking soda 3-4 kali dari baking powder.

Sedangkan baking powder sudah ada kandungan baking soda di dalamnya, ditambah beberapa komponen lain seperti asam kering dan tepung jagung. Jangan lupa selalu perhatikan masa kadaluarsa dari bahan-bahan yang digunakan agar kue yang dihasilkan juga bisa maksimal.

2. Sering Mencoba
Ada pepatah “pengalaman adalah guru terbaik” dan itu benar adanya. Jangankan harus membuat roti dengan berbagai macam bahan, masak mie instan saja kadang masih belum matang atau terlalu lembek. Nah, semakin kita sering mencoba dan hasilnya selalu gagal cobalah selalu amati apa saja yang membuat rotimu gagal. Semakin sering kita berlatih dan mencoba beragam kemungkinan bahan makanan yang kita gunakan sambil mengikuti resep lama kelamaan kita akan tahu mana yang kurang mana yang lebih sehingga akan tercipta kue yang sempurna.

3. Perhatikan Alat Masak
Ada bahan ada juga peralatan masak yang wajib kita gunakan. Kamu harus tahu fungsi dari masing-masing alat masak seperti mixer, oven, mangkok, loyang, dan sebagainya. Jangan sampai salah menggunakan kecepatan pada mixer dan salah dalam mengatur suhu pada oven. Bukannya matang justru membuat adonan bisa mentah bahkan bisa jadi gosong.

4. Oven
Kenapa harus oven? Soalnya tanpa oven bagaimana cara memanggang kuenya. Sebenarnya banyak resep membuat roti menggunakan rice cooker atau teflon, kalau itu untuk dimakan sendiri saja. Namun kalau untuk skala besar sebaiknya gunakan oven. Sebaiknya pelajari dulu waktu yang dibutuhkan saat  memanggang roti. Durasi waktu sangat mempengaruhi kematangan kue. Selain itu perhatikan suhu oven, jangan sampai terlalu rendah atau terlalu tinggi.

5. Timbang Bahan
Tidak bisa semena-mena dalam membuat roti menggunakan tepung dan ragi yang banyak agar hasilnya banyak pula, itu adalah prinsip yang salah besar. Dalam hal baking berbeda dengan masak lauk seperti yang kita buat setiap hari, mau pedes ya tinggal di tambah cabai sesuka hati. Kali ini baking cukup berbeda, harus di timbang dan mengikuti buku resepnya agar adonan bisa mengembang dengan sempurna dan pastinya enak.