5 Tips Masak Cepat Tumisan di Bawah 30 Menit

Sudah bukan lagi rahasia jika para ibu membutuhkan resep makanan yang praktis. Namun, meski praktis, kita tetap harus memerhatikan nutrisi makanannya. Siapkan makanan kaya serat seperti tumisan sayur.

Tak perlu khawatir, ada beragam cara memasak tumisan sayur agar lebih cepat tapi tetap lezat. Kali ini, kita akan berbagi tips mengolah tumisan sayur dalam waktu kurang lebih 30 menit. Cara ini cocok untuk memasak di pagi hari. Berikut ulasannya.

1. Pilih sayuran yang mudah matang

Langkah pertama adalah menentukan jenis sayuran yang akan diolah. Semakin mudah matang, semakin cepat proses memasaknya. Beberapa jenis sayuran yang bisa kamu pilih adalah bayam, kangkung, caisim, sawi, dan jamur.

Namun perhatikan juga ketahanan sayuran setelah dimasak. Bayam dan kangkung cenderung cepat layu. Sayuran berwarna hijau juga kurang baik jika dihangatkan kembali karena kandungan kimianya akan berubah menjadi beracun. Jadi, tumisan sayur ini baik dikonsumsi langsung setelah dimasak.

2. Siapkan bahan tumisan sayur terlebih dahulu

Bagian yang paling lama dari memasak tumisan sayur biasanya adalah memotong bahan makanan. Langkah ini bisa kamu dahulukan satu malam sebelumnya. Misalnya saja memotong wortel, buncis, dan kangkung. Namun, sebaiknya jangan dicuci terlebih dahulu karena sayuran bisa layu.

Beberapa bahan makanan juga lebih baik diolah langsung seperti bawang merah. Sebaiknya, bawang merah yang sudah dikupas tidak disimpan di sembarang tempat karena akan menyerap bakteri di sekitarnya.

3. Pilih resep yang sederhana

Resep juga sangat memengaruhi waktu memasak. Ada ragam resep sayuran yang bisa diolah kurang lebih dari 30 menit, sehingga langkah memasaknya juga tidaklah banyak.

Pertama, kita siapkan bahan makanan. Kemudian kita tumis bumbu halus hingga harum lalu masukkan protein seperti udang atau suwiran ayam. Baru kita masukkan sayuran, lalu masak hingga matang. Waktunya tidak lebih dari 30 menit tergantung bahan makanan yang dipilih.

4. Pilih protein yang cepat matang

Selain memilih jenis sayuran, pilih juga protein yang cepat matang. Daging sapi atau kambing cenderung lebih lama matangnya dibandingkan tahu, tempe, ayam, atau udang.

Untukmu yang tak punya banyak waktu memasak, sesuaikan resep tumisan sayur dengan protein yang mudah matang. Misalnya saja tumis taoge cumi asin atau tumis sawi suwir ayam.

5. Gunakan bumbu siap pakai

Menggunakan bumbu yang minim karena terburu-buru akan memengaruhi rasanya. Tentu kita harus mencegah hal tersebut terjadi. Pilih bumbu siap pakai berkualitas terbaik.

Kamu juga bisa membuat bumbu halus, memasukkannya dalam wadah kaca tertutup, lalu menyimpannya di kulkas agar awet. Bagi beberapa jenis bumbu halus, seperti bumbu kuning, bumbu putih, dan bumbu merah sesuai kebutuhan. Kamu tinggal mencampurkannya ketika memasak sesuai resep yang dibuat.