6 Tips Mudah Menyimpan Daging Ayam

Nah, kamu pernah membeli daging ayam mentah terlalu banyak nggak? Jika punya stok daging mentah, nih, tentunya kita simpan dulu sebelum digunakan di kemudian hari. Tapi, apakah cara kamu menyimpan daging ayam mentahmu sudah benar?

1. Jangan dicuci dulu

Tips pertama untuk menyimpan daging ayam agar lebih awet adalah jangan mencucinya terlebih dahulu. Jika kamu tidak ingin langsung mengolah daging ayam yang baru saja dibeli, maka bisa langsung memasukkannya ke dalam kulkas. Mencuci ayam terlebih dahulu sebelum disimpan hanya akan membuat kualitas daging ayam memburuk.

2. Gunakan wadah yang tepat

Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah menggunakan wadah penyimpanan yang tepat. Gunakanlah wadah yang bisa menyimpan seluruh stok daging dengan tutup rapat dan kedap udara. Jika penutup wadah nggak rapat bisa-bisa aroma daging ayam mentah bisa memengaruhi makanan lain di dalam kulkas, tuh.

3. Simpan dalam freezer

Freezer menjadi tempat paling utama dalam menyimpan makanan agar nggak cepat busuk, termasuk juga menyimpan daging ayam mentah. Jika kamu belum ingin memasak daging ayam dalam waktu dekat, simpanlah ayam yang telah diletakkan dalam wadah atau plastik ke dalam freezer.

4. Perhatikan suhu kulkas

Selain menyimpan daging ayam di freezer, kamu juga bisa meletakkannya di bagian rak bawah kulkas, lho. Namun, ayam yang disimpan di rak bawah kulkas hanya bisa bertahan selama dua hari saja. Tips ini sangat cocok untuk kamu yang akan mengolah daging ayam dalam waktu dekat.

5. Lapisi dengan plastik atau alumunium foil

Jika kamu menyimpan daging ayam di dalam freezer, tuh, ada baiknya untuk melapisinya terlebih dahulu dengan alumunium foil atau plastik. Hal ini dilakukan untuk menghindari daging terkena freezer burn atau daging menjadi terlalu beku dan kering.

6. Cara menyimpan daging ayam matang

Mungkin ada kalanya kamu memasak ayam terlalu banyak dan masih menyisakan beberapa potong ayam. Daripada dibuang, sih, lebih baik daging ayam sisa itu disimpan saja agar bisa dikonsumsi kembali. Tips ini juga bisa digunakan untuk kamu yang sering membuat meal prep, lho.

Kamu punya tips lain untuk menyimpan daging ayam nggak? Tulis tips kamu di kolom komentar, ya!