6 Trik Mudah Menjernihkan Kembali Minyak Goreng Bekas

Minyak goreng merupakan salah satu bahan penting di dapur. Tanpa bahan itu, kamu tentu kesulitan menggoreng berbagai makanan.

Tapi minyak goreng gampang banget jadi keruh dan kotor setelah digunakan. Betul, gak?

Bagi sebagian orang, mereka memilih langsung membuang minyak itu. Padahal, sebenarnya minyak bisa digunakan 1-2 kali lagi.

Nah, supaya minyak goreng bekasmu jernih kembali, terapkan beberapa trik ampuh berikut ini. Selain jernih, juga gak berbau!

1. Endapkan selama semalaman
Ini cara yang paling mudah. Gunakan teknik ini pada minyak yang abis dipakai menggoreng bahan berbahan tepung.

Usai memakai minyak, diamkan di dalam wadah semalaman. Biarkan sisa-sisa tepung mengendap di dasar. Nah, minyak di bagian atas bakal jernih dan bisa digunakan kembali.

2. Gunakan segenggam nasi
Kalau kamu mau mencoba cara ini, pastikan agar teliti. Setelah menggoreng, diamkan minyak sampai tak terlalu panas. Setelah itu ambil segenggam nasi lalu kepalkan sampai padat.

Masukkan nasi itu ke minyak, bolak-balik sampai seluruh kotoran dan remah menempel. Minyak gorengmu dijamin bakal jernih kembali.

3. Kentang juga bisa jernihkan minyak, lho
Mirip dengan cara sebelumnya, tapi kali ini menggunakan kentang. Caranya, potong kentang jadi beberapa bagian sama besar, kemudian masukkan ke dalam minyak yang masih panas.

Aduk-aduk sesekali kentang secara menyeluruh sampai kotoran dan remah sisa masakannya menempel pada kentang. Pastikan kentangnya tak sampai gosong, supaya warna minyak tetap jernih dan gak bau.

4. Saring dengan kulit pisang
Sudah tahu, belum kalau ternyata kulit pisang juga bisa menjernihkan minyak bekas? Caranya, kulit pisang yang sudah dipotong sampai halus dan lembut.

Selanjutnya, letakkan kulit pisang tersebut di atas saringan dan letakkan pula sebuah wadah di bawahnya. Tuang minyak goreng ke atas saringan dan biarkan minyaknya turun ke wadah dengan sendirinya. Kulit pisang bakal memisahkan kotoran dari minyak, sehingga bisa jernih kembali.

5. Berikan arang yang sudah dihaluskan
Arang juga bisa jadi solusi tepat untuk menjernihkan minyak bekas. Sifat arang yang menyerap kotoran dan residu bakal ampuh banget. Caranya gampang, cukup haluskan arang dengan ditumbuk. Pastikan tak ada yang menggumpal dan sudah berbentuk serbuk.

Siapkan minyak goreng bekas di dalam wadah dan masukkan dua genggam serbuk arang ke dalamnya. Aduk sampai benar-benar merata dan tunggu sebentar. Jika sudah terlihat bersih dan jernih, saring minyak hingga tuntas.

6. Manfaatkan serai untuk menghilangkan bau
Minyak bekas tak hanya terlihat keruh, tetapi juga mengeluarkan bau tak sedap. Supaya baunya kembali seperti semula, gunakan serai. Caranya, memarkan dua batang serai, lalu masukkan ke dalam minyak bekas.

Sebelum itu, panaskan kembali minyaknya, tapi gak perlu sampai mendidih. Biarkan serai di dalam minyak selama dua jam. Keluarkan serai jika sudah selesai, bau tak sedap minyak goreng dijamin akan hilang, deh!

Itulah beberapa cara dan tips menjernihkan kembali minyak goreng bekas pakai secara praktis. Daripada dibuang, lebih baik diusahakan dulu dengan cara di atas. Selamat mencoba!