7 Tumbuhan Yang Bisa Dijadikan Lalapan

Berikut ini adalah beberapa macam tumuhan yang bisa kita jadikan lalapan sebagai pelengkap lauk.

Daun Pohpohan
Daun pohpohan ini sekilas mirip dengan kemangi. Tapi daun pohpohan mempunyai tepi daun yang bergerigi dan permukaan daunnya yang kasar. Daun pohpohan bisa dikonsumsi langsung sebagai lalapan dan mempunyai manfaat untuk mengurnagi nyeri otot dan menurunkan risiko kanker.

Kacang Panjang
Kacang panajng selain bisa dimasak dahulu dijadikan sayur, juga bisa langsung dimakan mentah sebagai lalapan, lo. Pilihlah kacang panjang yang masih muda dan segar untuk lalapan. Kacang panjang enak dijadikan lalapan karena bertektur renyah dan manis.

Daun Pegagan
Daun pegagan sering ditemukan tumbuh liar di pinggir jalan atau pekarangan. Meskipun salah satu tumbuhan liar, daun pegagan ternyata bisa dijadikan lalapan yang segar, lo. Daun pegagan selain segar dijadikan lalapan, bisa juga membawa manfaat seperti meningkatkan antioksidan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Daun Selada
Selada juga populer dijadikan lalapan yang menyegarkan. Selada mengandung mineral, kalsium, fosfor, serat, dan protein. Pilihlah daun selada yang segar dan cuci bersih sebelum dijadikan lalapan.

Daun Kemangi
aun kemangi juga salah satu lalapan yang populer. Banyak orang yang memilih kemangi sebagai lalapan karena aromanya yang khas. Selain bisa dimakan mentah, daun kemangi juga bisa dijadikan penambah aroma saat memasak pepes agar lebih harum.

Daun Jambu Mete
Daun jambu mete juga bisa dijadikan lalapan dan dimakan mentah, lo. Pilihlah daum jambu mete yang masih masih mudah, cuci, lalu makan sebagai lalapan. Daun jambu mete rasanya renyah ketika digigit dan bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan sariawan.

Daun Dewa
Tanaman ini selain bisa dijadikan tanaman hias, ternyata bisa dimakan mentah dan dijadikan lalapan, lo. Pilihlah daun dewa yang masih muda untuk dijadikan lalapan. Di sisi lain daun dewa mempunyai manfaat untuk menangkal radikal bebas.