Ini Kesalahan Memasak Sayuran.

Ini adalah kesalahan memasak sayuran. Semua orang setuju bahwa sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang bergizi dan sehat. Nah, sayuran sendiri biasanya diolah sebelum akhirnya dimakan.

Masalahnya, sebagian orang tidak menyadari bahwa cara memasak sayuran yang salah, akibatnya sayuran menjadi tidak segar, tidak garing, bahkan kehilangan nutrisinya.

1. Mengupas atau membuang bagian penting dari sayuran

Meskipun mengandung lebih banyak nutrisi Batang dan kulit beberapa sayuran sebenarnya menyimpan lebih banyak vitamin dan mineral daripada daging. Contohnya termasuk batang brokoli dan bayam, atau kulit kentang dan mentimun. Jadi sayang banget kalau dibuang begitu saja.

2. Memotong sayuran dengan ukuran yang nggak sama atau ngasal

Sayuran yang dipotong dengan ukuran yang nggak sama besar, tingkat kematangannya jadi nggak rata saat dimasak. Nah, nutrisi dari sayuran yang terlalu matang tentu nggak sebanyak sayuran lain yang matangnya pas dan masih renyah.

3. Nggak dicuci bersih dulu sebelum dimasak, asal cemplang-cemplung saja

Beberapa sayuran meninggalkan pestisida yang bisa menyebabkan sakit perut, mual, dan diare jika nggak dibersihkan dan masuk ke tubuh. Begitu pun sayuran yang rentan disinggahi ulat juga telur-telurnya.

4. Merebus sayuran terlalu lama hingga lembek teksturnya, sudah bisa dipastikan lenyap semua nutrisinya

Bukan cuma warnanya yang berubah pucat dan teksturnya yang jadi lembek, sayuran yang direbus terlalu lama juga melarutkan mikronutrien dan menghilangkan sebagian besar nutrisinya. Rebus sayuran sekitar 2-3 menit saja, atau masukkan sayuran pada tahap terakhir pemasakan. Mengukusnya juga lebih baik ketimbang merebus.

5. Menggoreng sayuran dan menambahkan aneka bumbu penyedap ke dalamnya

Segala jenis sayuran yang digoreng ke dalam minyak panas memang lezat rasanya, tapi nutrisinya bakal hilang semua, digantikan dengan lemak trans dari minyak dan kandungan jahat dari bumbu-bumbu penyedapnya. Apalagi kalau minyaknya sudah dipakai berulang kali.

6. Menggunakan suhu yang terlalu tinggi saat memanggang sayuran sampai jadi gosong

Penggunaan panas yang tinggi saat memanggang atau membakar (pada sate) akan menyerap seluruh kandungan nutrisi dalam sayuran. Lebih parah lagi kalau sampai gosong, karena justru sayuran tersebut berubah menjadi karsinogen atau zat penyebab kanker.

7. Pakai bumbu atau dressing yang berlebihan, khususnya yang asin dan gurih

Olahan sayuranmu juga bakal gagal sehat kalau menggunakan bumbu yang berlebihan seperti garam, kecap asin, mayones, atau micin. Penggunaan garam yang berlebihan dapat menyebabkan retensi air pemicu komplikasi serius.