4 Cara menghilangkan bau amis pada ayam

Saat membeli daging ayam mentah di pasaran, bau amis pada ayam terkadang masih tajam dan begitu mengganggu penciuman. Bau amis pada ayam sebenarnya berasal dari sisa darah ayam setelah daging ayam dipotong.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau amis pada ayam. Yaitu dengan menggunakan bahan-bahan masakan dan direbus. Jangan lupa juga untuk selalu mencuci daging ayam langsung saat sampai di rumah setelah membelinya.

1. Cuci bersih.
ara paling utama untuk menghilangkan bau amis serta kotoran yang masih tertinggal pada ayam adalah dengan mencucinya sampai bersih. Pertama bilas ayam terlebih dahulu dengan air mengalir. Lalu, tuangkan air jeruk nipis. Usahakan seluruh bagian ayam terbalur rata dengan air jeruk nipis. Diamkan selama 30 menit. Kemudian, bilas kembali dengan air mengalir.

Agar lebih maksimal dalam menghilangkan bau amis pada ayam, kamu juga bisa merendamnya dengan larutan garam, cuka, dan jahe. Dijamin, bau amis dari ayam bakalan hilang jika menggunakan bahan-bahan ini.

2. Rebus ayam.
Sebelum dimasak, ayam bisa direbus terlebih dahulu di atas api kecil. Lakukan 2 sampai 3 kali agar air selalu diganti dengan yang baru. Sehingga bau amis pada ayam akan pudar. Cara ini efektif banget, walaupun memang membutuhkan waktu lebih lama.

3. Buang sisa lemak dan kotoran.
Pada rebusan air, buang sisa lemak dan kotoran yang masih tersisa. Selain itu, bisa juga menambahkan bumbu rempah bawang putih, bawang merah, lada, jahe, dan ketumbar, fungsinya untuk membuat ayam lebih beraroma.

4. Gunakan larutan asam jawa.
Alternatif cara lain untuk menghilangkan bau amis pada ayam adalah dengan menggunakan larutan asam jawa. Setelah ayam dicuci, rendam menggunakan larutan asam jawa sebentar sebelum dimasak menjadi berbagai hidangan.