5 Tips Masak Udang Enak

Kali ini, aku berbagi tips masak udang enak serta rekomendasi resep yang bisa kamu olah di rumah. Dengan beberapa tips berikut, kamu bisa mendapatkan rasa dan tekstur udang yang lebih menggoyang lidah. Yuk, intip satu per satu!

1. Pilih udang yang segar

Poin pertama yang mungkin jadi yang paling penting adalah kualitas udang yang kamu pilih. Pastikan kamu memilih udang yang segar. Udang yang kurang bagus kualitasnya ditandai dengan kepala yang hampir lepas, tekstur udang yang lembek ketika dipegang, dan tercium bau yang amis. Udang yang masih segar biasanya punya kulit yang masih keras serta menempel pada daging dengan warna yang cerah.

2. Bersihkan kotoran udang

Cara mencuci kotoran udang juga perlu diperhatikan dengan baik. Ada dua cara membersihkan udang yang lazim dilakukan, tergantung ukurannya. Untuk udang yang berukuran sedang atau besar seperti udang pancet dan udang galah, pertama kamu sayat bagian punggungnya hingga kulit yang keras terbuka. Tahap ini bisa dilakukan dengan pisau atau gunting. Kemudian kamu sayat daging di bagian punggungnya. Ambil kotoran udang yang biasanya berbentuk benang hitam panjang.

Jika kamu ingin mengolah udang dengan kepalanya, bersihkan bagian kepalanya. Namun, biasanya jika ukuran udangnya tidak besar, lepas bagian kepalanya lalu dibersihkan.

Untuk udang berukuran kecil seperti udang dogol dan udang vaname memang akan memakan waktu lebih lama. Jadi kalau untuk masakan yang ditumis, buang saja bagian kepalanya, lalu cuci bersih di bawah air mengalir dan siap diolah.  Kalau membutuhkan udang cincang, gunakan udang ukuran sedang hingga besar, jadi kamu mengupas udang takkan lama dan bikin bosan.

3. Masak udang dalam suhu ruang

Setelah udang dibersihkan, kamu bisa langsung memasaknya atau menyimpannya di freezer jika tak ingin segera diolah. Apabila stok udang cukup banyak, bagi menjadi beberapa takaran sekali masak. Simpan dalam wadah tertutup, lalu langsung masukkan ke dalam chiller atau freezer. Jika menyimpan banyak udang dalam satu wadah sekaligus, kamu butuh waktu untuk mencairkannya terlebih dahulu. Sehingga udang akan mengalami perubahan suhu berkali-kali. Hal ini akan berpengaruh buruk pada kualitasnya.

Kalau ingin memasak dengan udang beku, diamkan terlebih dahulu pada suhu ruang hingga mencair. Setelah itu, baru diolah. Hal ini dilakukan supaya mencapai hasil tekstur udang yang enak.

4. Pastikan minyak sudah panas

Sebelum menggoreng udang, pastikan minyak sudah panas. Begitupun jika merebus udang, pastikan air sudah mendidih terlebih dahulu, sebelum memasukkan udang ke dalamnya.

Memasak udang tidak dianjurkan terlalu lama karena akan membuat teksturnya jadi liat dan kehilangan cita rasa alaminya. Untuk itu, penting untuk memastikan minyaknya sudah mencapai titik panas yang pas, agar udang tidak berlama-lama di atas wajan.

5. Gunakan api sedang

Meski tidak dianjurkan untuk memasak udang dalam waktu lama, bukan berarti kamu bisa menggunakan api yang besar. Hal ini bisa membuat udang cepat gosong. Gunakan api sedang, dan biarkan udang matang dengan optimal.