5 Tips Memasak Santan biar Gak Pecah, Rasanya Tetap Gurih

Sebagai orang Indonesia, kita patut bersyukur hidup di negara dengan keragaman kulinernya yang nikmat. Tak hanya identik dengan rempahnya, masakan Indonesia terkenal dengan cita rasa santan yang khas.
Beberapa jenis hidangan bersantan yang mungkin sering kamu konsumsi adalah opor, rendang, gulai, dan lodeh. Yap, semua itu membutuhkan tambahan air perasan kelapa biar rasanya enak dua kali lipat.
Sayangnya, masih banyak yang belum tahu cara memasak santan dengan benar. Alhasil santan pun pecah dan menghilangkan rasa creamy-nya. Nah, biar ini gak terjadi pada masakanmu, simak tips-tips memasak santan biar gak mudah pecah berikut ini, yuk!

1. Pastikan kelapa yang dipilih tepat

Jenis kelapa yang dipilih haruslah sesuai. Memang terlihat sepele, namun hal ini bisa mempengaruhi tingkat kekentalan dan gurih dari santan, lho.
Pastikan kelapa yang kamu pilih sudah terbilang tua usianya. Kelapa yang tua punya bunyi cukup keras saat dipukul. Dengan kelapa tua, hasil santan bakal kental, rasanya pun jauh lebih nikmat nantinya.

2. Seduh parutan kelapa dengan air panas

Apabila daging kelapa tua sudah dibersihkan, segara diparut dengan perlahan. Kemudian, seduh dengan air panas secukupnya. Beberapa dari kita mungkin lebih memilih dengan air dingin, padahal lebih baik dengan air hangat atau panas, lho.
Cukup seduh dan rendam parutan kelapa di dalam air panas selama sejak. Dengan begitu, hasil santan yang termasak bisa bertahan lama, memasaknya pun gak gampang pecah juga. Jangan lupa diperas sampai tuntas, ya!

3. Masak santan dengan api kecil

Menurut Chef Yuda Bustara, memasukkan santan ketika api kompor sudah menyala bisa jadi sebab pecahnya tekstur, lho. Masukkan santan terlebih dahulu ke dalam panci sebelum kompor dinyalakan.
Setelah itu, pastikan pula api yang kamu gunaka tidak terlalu besar, ya. Memasak santan dengan suhu yang tinggi bisa bikin santannya pecah dan bumbu lainnya pun gak bisa tercampur merata.

4. Aduk secara perlahan dan konsisten

Teknik mengaduk ternyata juga bisa mempengaruhi santan pecah atau tidak, lho. Aduk santan perlahan-lahan dengan intesitas yang tidak terlalu sering juga. Selain itu, aduk santan secara konsisten, biar gak ada bagian yang menggumpal.
Kalau kamu mengaduknya terlalu cepat dan sembarangan, kandungan minyak dari santan bakal lebih cepat keluar dan membuatnya pecah. Hayo, kamu pasti masih sering mengaduk-aduk santan secara sembarangan, kan?

5. Masukkan santan di akhir proses

Kalau kamu berniat memasak makanan dengan campuran santan, sebaiknya memasukkannya di akhir proses. Apabila hidangan sudah selesai dimasak, baru tambahkan santan ke dalamnya.
Tetap gunakan api kecil, lalu aduk masakan secara perlahan-lahan sampai bumbunya tercampur dengan santan. Dengan begitu, santan gak bakal pecah, aromanya pun bakal tetap harum dan nikmat.
Itu dia beberapa tips dalam memasak santan biat gak gampang pecah yang bisa kamu terapkan. Masakan jadi makin nikmat, rasa creamy dan gurihnya pun makin dapat. Semoga bermanfaat ya!