5 Tips Mengolah Sagu Mutiara biar Gak Hancur dan Matang Sempurna

Sagu mutiara biasanya disajikan dalam olahan dessert seperti es campur. Selain dapat mempercantik hidangan, teksturnya yang kenyal bisa memperkaya rasa.

Nah, sebelum membuat olahan dengan sagu mutiara, kamu perlu tahu cara mengolahnya biar gak hancur dan matang merata. Berikut tips memasak sagu mutiara yang bisa kamu praktikkan.

1. Hindari merendam sagu mutiara
Biasanya sebagian orang akan merendam sagu mutiara sebelum dimasak supaya cepat matang. Namun, proses perendaman justru bisa membuat sagu mutiara jadi mudah hancur, bahkan lengket.

Sebaiknya rebus sagu mutiara supaya bisa mengembang dengan baik. Sebelum direbus, pastikan air rebusan sudah benar-benar mendidih, ya.

2. Jangan diaduk saat direbus
Setelah benar-benar mendidih, masukkan sagu mutiara. Supaya gak mudah hancur, jangan diaduk saat direbus. Biarkan hingga sagu mutiara jadi setengah matang.

3. Aduk secara perlahan saat mulai mengental
Ketika mulai mengental, kamu bisa mengaduknya secara perlahan. Lakukan sesekali saja supaya tekstur sagu mutiara menjadi gak lengket. Jika terlalu sering diaduk, sagu mutiara bisa hancur.

4. Tambahkan air dingin saat merebus
Selanjutnya, tambahkan air dingin pada rebusan sagu mutiara. Cara ini bisa mempercepat proses pematangan dan menghindari lengket. Tutup panci dan rebus kembali hingga mendidih.

Jangan lupa perhatikan titik putih di bagian tengah sagu mutiara, semakin lama akan terlihat mengecil. Ketika titik putih hilang dan warnanya menjadi transparan, tandanya sagu mutiara sudah matang.

5. Siram dengan air dingin setelah matang
Setelah matang, matikan api dan biarkan dalam panci tertutup hingga dingin. Setelah sagu mutiara dingin, segera siram air dingin untuk menghentikan proses pematangan biar gak terlalu lembek. Bentuk dan tekstur sagu mutiara pun jadi sempurna.

Itulah tips mengolah sagu mutiara biar gak hancur dan matang sempurna. Mudah banget, kan? Selamat mencoba!