6 Tips Irit Minyak Goreng Saat Memasak

Saat memasak, salah satu bahan yang sering dipakai adalah minyak goreng. Pengeluaran untuk minyak goreng setiap bulan bisa lumayan. Karena itu masuk akal jika penghematan pertama yang kita lakukan difokuskan pada minyak goreng.

Bagaimana cara menghemat minyak goreng saat memasak? Berikut ini beberapa kiat yang bisa Anda terapkan.

1. Gunakan Wajan Antilengket untuk Memasak
Memasak menggunakan wajan antilengket bisa menghemat minyak goreng cukup banyak. Terutama untuk keperluan menumis atau memanggang.

2. Masak Bahan Makanan dengan Metode Pan Fried
Ada banyak metode memasak yang dikenal di dunia kuliner. Antara lain shallow frying, pan-frying, sauteing, dan stir-frying. Jika dibandingkan, metode pan-frying menggunakan minyak paling sedikit.

3. Masak dengan Cooking Spray
Daripada menuangkan minyak, coba gunakan cooking spray untuk memasak. Melalui cara ini, minyak bisa tersebar sempurna di seluruh permukaan makanan tanpa harus menuangkan banyak-banyak.

4. Ganti Goreng dengan Panggang
Anda juga bisa mengganti metode memasak dengan cara digoreng dengan memanggang. Selain lebih hemat minyak, cara ini juga membuat hasil masakan Anda lebih rendah kalori.

5. Gunakan Minyak Goreng Berulang
Idealnya, minyak goreng hanya dipakai memasak sekali. Namun sebenarnya minyak goreng masih aman digunakan berulang. Dilansir Halodoc, minyak goreng bisa digunakan ulang sampai tiga kali. Agar minyak goreng tidak cepat rusak, gunakan minyak goreng untuk proses memasak dengan suhu di bawah 120 derajat Celcius.

6. Hangatkan Makanan dengan Cara Dikukus
Biasanya makanan dihangatkan dengan cara digoreng. Namun Anda juga bisa menghangatkan makanan dengan cara dikukus atau dimasukkan di microwave. Dengan demikian Anda tidak perlu menggunakan minyak goreng lagi.

Demikian cara-cara menghemat minyak goreng dalam memasak