Alasan memanggang makanan lebih menyehatkan

Cara memasak makanan akan mempengaruhi nutrisi yang ada di dalamnya. Bahkan bahan makanan yang penuh nutrisi bisa berubah menjadi makanan yang tak baik untuk kesehatan dengan cara memasak yang salah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memasak makanan seperti menggoreng, memanggang, merebus, membakar, dan lainnya.

Masing-masing cara memasak memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun salah satu cara memasak yang dianggap sehat adalah dengan memanggang. Manfaat kesehatan memanggang makanan telah banyak dibahas oleh ahli nutrisi di dunia. Apa saja kelebihan dari memanggang makanan? Ini dia daftarnya.

1. Mengurangi lemak
Kelebihan lemak adalah salah satu tambahan yang tak menyehatkan untuk makanan. Lemak bisa memicu banyak masalah kesehatan seperti penyakit kardiovaskular dan lainnya. Memanggang makanan akan menghilangkan kelebihan lemak sehingga mengurangi jumlah lemak dalam makanan.

2. Menjaga nutrisi
Baik untuk daging maupun sayuran, cara memasak dengan memanggang masakan akan menjaga tingkat nutrisi, vitamin, dan mineral yang ada di dalamnya. Pastikan sayuran tak dipanggang terlalu lama dan tetap segar agar nutrisi terjaga. Sementara untuk daging, memanggang akan menjaga kadar riboflavin dan thiamine yang ada di dalamnya. Keduanya adalah nutrisi yang penting untuk tubuh sehat.

3. Rendah sodium
Terlalu banyak mengonsumsi garam atau sodium tak baik untuk kesehatan. Bahkan penelitian menemukan bahwa sodium berkaitan dengan tekanan darah tinggi dan sakit kepala. Memanggang makanan akan mengurangi jumlah garam yang diserap oleh makanan, sehingga metode ini sangat baik dilakukan jika Anda ingin mengurangi konsumsi garam atau sodium.

Tak diragukan lagi bahwa memanggang adalah salah satu metode memasak yang aman dan menyehatkan. Namun sebaiknya juga berhati-hati ketika memanggang makanan. Anda harus mengetahui cara memanggang makanan dengan benar agar tak merusak kualitas bahan makanan dan malah mengurangi jumlah nutrisi di dalamnya.