Cara Memotong Ayam Utuh dengan Benar

Gimana sih cara memotong ayam utuh dengan benar?Yuk, kita belajar sama-sama!

1. Siapkan Pisau yang Tajam

Untuk memudahkan proses, memotong daging ayam utuh membutuhkan pisau yang khusus. Biasanya, pisau yang digunakan berukuran lebih besar dan tajam dari pisau biasanya untuk membuat potongan ayam menjadi beberapa bagian. Dengan pisau yang tajam, maka kita akan jauh lebih mudah untuk memisahkan bagian daging, tulang, dan kulit ayam,sekaligus mempercepat proses pemotongan ayam. Kamu juga bisa mengasah mata pisau dengan batu asahan terlebih dahulu agar ketajamannya bertambah.

2. Menyiapkan Ayam Utuh

Siapkan ayam utuh yang bisa dibeli di pasar atau di supermarket. Jangan lupa untuk membilasnya lebih dulu menggunakan air dingin mengalir hingga bersih, ya, SASAGenk! Jika di bagian perut ayam ditemukan jeroan, maka jangan lupa untuk singkirkan jeroan ayam tersebut. Caranya adalah dengan tempatkan ayam pada posisi menghadap ke atas lalu keluarkan jeroan ayam dari dalam perut.

3. Letakkan Ayam di Atas Talenan

Langkah selanjutnya yang harus SASAGenk lakukan untuk memotong ayam adalah meletakkan ayam di atas talenan dengan posisi punggung ayam berada di bawah. Talenan berfungsi sebagai tempat memotong ayam. Apabila tidak ada talenan, kamu bisa menggunakan piring dengan bahan bukan kaca yang memiliki permukaan datar. Dengan begitu proses memotong ayam bisa lebih mudah. Setelah itu, tarik batas potongan dada ayam yang ada pada bagian bawah ke atas sampai terkuak.

4. Potong Bagian Kepala dan Cekernya

Potong terlebih dulu bagian kepala dan ceker ayam agar mudah untuk memotong bagian tubuh ayam. Setelah selesai dipotong, sisihkan bagian tersebut dan lanjutkan ke langkah berikutnya. Bagian tersebut nantinya bisa sekaligus dimasak atau disingkirkan.

5. Belah Bagian Lipatan Paha

Di bagian kaki ayam akan ditemukan lipatan paha. Setelah lipatan paha yang menghubungkan paha dengan tubuh ditemukan, pegang tubuh ayam menggunakan tangan kiri lalu putar kaki ke atas dan ke luar supaya sendi pinggul bergerak.  Pada intinya,belah dan potong lipatan paha ayam ini menjadi 2 bagian.

6. Potong Bagian Sayap Ayam

Cari sambungan yang menghubungkan sayap ke dada. Setelah berhasil ditemukan, kamu bisa potong untuk memisahkan sayap. Caranya adalah dengan membalikkan ayam sehingga bagian belakang ayam menghadap ke atas. Lanjutkan dengan mencari sambungan antara sayap dan dada lalu potong sambungan tersebut untuk memisahkan sayap. Potongan ini nanti akan menghasilkan 2 sayap ayam utuh yang siap diolah.

7. Bagian Tubuh Ayam Dibagi Menjadi Dua

Langkah selanjutnya adalah membuat sayatan di pada sisi horizontal. Tujuannya untuk membelah bagian dada dan punggung ayam. Secara perlahan mengarahkan pisau ke bagian tengah dada ayam. Tekuk kedua bagian tersebut hingga patah lalu potong kulitnya.

8. Potong- potong Ayam Sama Besar

Setelah berhasil memisahkan bagian dada dan punggung ayam, selanjutnya potong-potong bagian-bagian tubuh ayam dengan ukuran sama besar. Jika tidak suka lemak atau kulit ayam, bagian tersebut bisa dikupas dan dibuang sebelum dipotong lebih kecil.