Cara Menggunakan Mixer yang Benar dan Efektif

Jika kamu ingin belajar membuat kue, kemungkinan membutuhkan alat yang satu ini. Mixer sangat membantu kita untuk mengolah adonan kue. Tetapi kamu harus mengetahui cara menggunakan mixer yang benar. Yuk, simak beberapa tips berikut ini.
1. Mulai dari kecepatan rendah
Buat kamu yang pertama kali menggunakan mixer, sebaiknya mulai dari kecepatan paling rendah. Jangan langsung menggunakan kecepatan maksimal hanya untuk menghemat waktu. Kecepatan yang rendah bisa membuat proses pencampuran adonan jadi sempurna.
2. Menambah kecepatan secara bertahap
Saat sudah terbiasa dengan kecepatan rendah, pasti kamu ingin menambah kecepatan supaya adonan segera mengembang. Jadi, gunakan mixer sesuai kebutuhanmu ya. Naikkan kecepatan secara bertahap. Misalnya gunakan adonan di angka kedua, kemudian tambah ke angka tiga.
3. Kenali perbedaan mengaduk dan mengocok
Menggunakan mixer bukan berarti mengaduk, tetapi mengocok. Sebab, mengaduk adalah mencampurkan bahan-bahan.
4. Gunakan kain untuk mengurangi suara berisik
Biasanya mixer menimbulkan suara berisik saat sedang digunakan. Untuk mengurangi suara tersebut, kamu bisa menggunakan kain tebal dengan cara menyelimuti bagian badan mixer. Alhasil, suara yang ‘mengganggu’ itu pun bisa berkurang. Selain itu, menggunakan kain juga bisa mengurangi cipratan adonan, lho.
5. Jangan mencuci mesin mixer dengan air
Jangan mencuci mesin mixer dengan air mengalir. Hal itu dapat membuat mixer cepat rusak atau korsleting. Sebaiknya gunakan lap yang sudah dibasahi dengan air, lalu peras hingga lembab. Cara ini akan membuat mixer lebih awet.
Itulah beberapa tips menggunakan mixer untuk pemula. Semoga info kali ini bisa membantu kamu saat ingin membuat kue. Selamat mencoba!