Cara Mengolah Daging agar Tidak Alot

Daging merupakan salah satu makanan favorit banyak orang. Sayangnya, beberapa jenis daging dan potongan memiliki tekstur yang alot, seperti daging sapi dan kambing.

Untungnya, melunakkan daging sebenarnya bukanlah perkara yang sulit. Dengan beberapa trik di bawah ini, kamu bisa membuat daging yang alot menjadi lebih empuk saat dimakan.

1. Tumbuk ringan sebelum dimasak  
Untuk potongan yang keras dan besar seperti steak, menumbuk daging bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk memecah serat otot yang keras dan membuatnya menjadi lebih empuk. Jangan memukul terlalu keras hingga membuatnya mudah hancur, tetapi beri pukulan ringan dengan benda keras, seperti palu agar daging sedikit melunak dan lebih empuk setelah dimasak.

2. Lakukan marinasi terlebih dahulu dengan bahan asam  
Menggunakan bahan-bahan asam, seperti jus lemon, cuka, atau buttermilk untuk marinasi tidak hanya berguna untuk menambah cita rasa tetapi juga memecah protein keras pada daging, sehingga nantinya tekstur daging bisa jadi lebih empuk setelah dimasak.

Kendati demikian, pastikan kamu tidak membiarkannya terlalu lama, cukup 30 menit hingga dua jam saja, sebab jika terlalu lama daging bisa menjadi terlalu lembek dan mudah hancur nantinya.

3. Lakukan penggaraman
Pastikan kamu memberi garam pada daging terlebih dahulu sebelum memasaknya. Sebab, garam mengeluarkan kelembapan dari dalam daging, memusatkan rasa, dan menghasilkan air garam alami.

Proses penggaraman bisa membuat daging berwarna merah yang lebih dalam. Pada proses pengasinan ini, kamu bisa membiarkan daging hingga 24 jam sebelum memasaknya.

4. Gunakan teknik masak lambat
Beberapa potongan daging membutuhkan teknik memasak yang lambat dengan api kecil, selain agar lebih matang, ini juga berguna agar daging lebih empuk. Saat merebus potongan daging yang keras, kolagen terurai dalam cairan masak dan membuat serat otot yang keras terpisah. Oleh sebab itu, pertimbangkan untuk memasak daging dengan metode ini untuk membuat daging lebih empuk.

5. Marinasi dengan kiwi
Kiwi mengandung enzim yang memiliki efek pelunak terhadap daging yang keras. Cukup gunakan kiwi yang sudah dipotong tipis-tipis untuk menutupi seluruh permukaan daging. Tapi, pastikan kamu tidak melakukan marinasi terlalu lama karena akan membuat daging jadi lembek.

Selain kiwi, buah-buah seperti pepaya, nanas, dan pir asia juga mengandung enzim yang berguna untuk melunakkan daging. Hanya saja, kiwi dinilai merupakan pilihan yang terbaik karena memiliki rasa paling netral.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat daging lebih empuk dan tujuan alot. Selamat mencoba!