Tips Masak Ikan

Setelah berbelanja yang segar dan ikan telah disimpan serta dibersihkan dengan baik, kini adalah waktunya memasak!

Di bagian ini, saya ingin menjelaskan beberapa teknik dasarnya. Bisa saja kita memasak menggunakan berbagai resep berbeda ataupun bahan yang bermacam-macam, namun akan ada kondisi yang lazim kita temui saat mengolah ikan. Nah, berikut adalah 6 tips masak ikan dari saya agar hasilnya maksimal.

Meski dibumbui segala rupa dan dimarinasi selama mungkin, ikan yang sudah tidak segar tidak dapat dihidupkan kembali ya teman-teman. Jadi pastikan kemungkinan yang satu ini sudah diantisipasi sejak awal.

Ikan akan mudah hancur kalau kita terlalu banyak membolak-balikkannya saat dimasak. Cukupkan hanya membalikkan ikan yang dimasak sesekali saja.

Pastikan ikan dalam keadaan kering ketika akan dimasak. Adanya bagian lembab dapat menyebabkan ikan menjadi lembek setelah dimasak. Selebihnya gunakan wajan berkualitas dan biarkan minyak atau mentega panas terlebih dahulu sebelum mulai memasak.

Gunakan termometer makanan agar menjaga ikan dari kondisi terlalu matang. Ini juga akan menghindari kemungkinan bagian luar ikan matang sementara di dalamnya tidak.

Mulai memasak ikan dari bagian kulitnya terlebih dahulu bila hasil akhir yang ingin dicapai adalah kulit yang renyah. Jangan kebalikannya ya guys!

Untuk yang hendak membakar ikan, pastikan panggangan dalam keadaan bersih. Selain untuk mempertahankan rasa asli ikannya, kita tidak mau ikan tercampur dengan bau atau zat yang tersisa dari panggangan yang tidak bersih.