Tips Membuat Kaldu Ayam yang Bening dan Tidak Amis

Kuah kaldu ayam yang gurih memang nikmat disantap. Namun kadang kita mendapatkan kaldu ayam yang keruh dan berlemak. Rasanya pun membuat eneg. Padahal sebenarnya kaldu ayam yang enak tidak terlalu sulit dibuat. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa membuat kaldu ayam yang gurih, bening, dan tidak amis? Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.

Gunakan Ayam Kampung
Daging ayam kampung terkenal gurih dan tidak amis. Sangat cocok untuk membuat kaldu yang tidak berlemak dan memiliki rasa amis khas ayam potong.

Buang Air Rebusan Pertama
Jika tidak ada daging ayam kampung, Anda tetap bisa menggunakan ayam potong biasa. Agar kaldu tidak amis, buang air rebusan pertama yang berlemak. Setelah ayam direbus selama 10-15 menit, buang air rebusannya. Setelah itu rebus kembali ayam dengan air yang baru. Kaldu yang kedua ini biasanya lebih jernih dan tidak terlalu berlemak.

Tambahkan Rempah-Rempah
Penambahan rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, bawang perai, jahe, dan daun jeruk bisa membantu menghilangkan amis pada kaldu ayam yang Anda buat.

Gunakan Api Kecil
Perebusan kaldu dengan api besar akan membuat kaldu mengeluarkan busa berwarna keruh di permukaannya. Gunakan api kecil untuk merebus ayam. Bila ada kotoran yang mengambang, bisa langsung disaring lalu dibuang.

Masukkan Putih Telur Utuh
Ini adalah teknik yang dipakai chef-chef barat untuk membuat consomme. Masukkan putih telur utuh ke dalam rebusan. Jangan diaduk sama sekali. Putih telur akan menarik partikel-partikel di dalam kaldu dan menjadikan kuah jernih.

Saring Kaldu
Jika proses perebusan sudah selesai, jangan lupa untuk menyaring kaldu dengan saringan yang rapat atau kain bersih.

Demikian cara membuat kaldu ayam yang bening, gurih, dan tidak amis. Selamat mencoba!