Tips Membuat Kering Kentang, Hasilnya Renyah dan Tahan Lama

Kering kentang menjadi salah satu lauk yang banyak dipilih, karena bisa tahan lama dan bisa jadi stok yang praktis. Makanan ini memang paling enak disantap dengan nasi putih hangat atau dipadukan dengan lauk lain.

Nah, buat kamu yang ingin membuat kering kentang di rumah, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Pilih kentang yang tepat
Untuk mendapatkan kering kentang yang renyah, kamu harus memilih kentang yang tepat. Pastikan kamu memilih kentang yang segar. Ciri kentang yang segar adalah permukaannya halus dan keras. Kentang yang seperti ini cocok diolah menjadi kering kentang.

2. Iris dengan ukuran yang sama
Setelah dicuci bersih, iris kentang sebesar batang korek api. Kamu bisa menggunakan alat pemotong kentang supaya ukurannya sama. Ukuran kentang yang sama bisa membuat hasilnya matang merata saat digoreng.

3. Rendam dengan air kapur sirih
Setelah diiris, rendam kentang di dalam air kapur sirih supaya teksturnya renyah setelah digoreng. Gunakan satu sendok makan kapur sirih dan rendam selama 30 menit. Setelah itu, bilas kentang dengan air bersih.

4. Goreng dengan banyak minyak dan kering
Supaya tekstur kering kentang renyah, goreng dengan metode deep frying. Gunakan banyak minyak yang panas supaya kentang bisa matang merata. Selain itu, jangan terlalu sering mengaduknya saat digoreng.

5. Buat bumbu dengan cara yang benar
Untuk membuat kering kentang yang renyah dan tahan lama, sebaiknya jangan gunakan bumbu yang terlalu halus. Bumbu yang terlalu halus akan mudah menggumpal dan membuat tekstur kentang menjadi lembek.

Pastikan pula semua bahan dalam keadaan mendidih dan agak kental. Setelah itu, masukkan kentang. Jika bumbu masih berair, kering kentang akan jadi lembek dan berminyak.

Itulah beberapa tips membuat kering kentang yang benar. Semoga tips kali ini bisa membantumu masak kering kentang yang sempurna ya.