Tips Mengolah Ikan Agar Nutrisinya Tidak Hilang

Agar kandungan nutrisi pada ikan tidak banyak hilang atau mungkin bertambah, cara pengolahan ikan juga harus diperhatikan. Ini dia beberapa cara mengolah ikan yang sering kita temukan.

  • Menggoreng atau membakar ikan dengan ditambahkan mentega akan meningkatkan kadar lemak. Mengolah ikan dengan cara menggoreng kering akan menurunkan kadar omega-3 akibat minyak yang panas.
  • Perlu cara khusus agar kandungan gizi ikan tidak banyak berubah atau berkurang. Anda bisa mengolah ikan dengan cara dipepes, dikukus, ditim atau ditumis.
  • Mengolah ikan di atas bara api kurang baik, sebab asap yang ditimbulkan mengandung zat beracun yang tidak bisa dimetabolisme oleh tubuh.
  • Bungkus ikan dengan tepung roti atau tepung terigu atau dibalut telur saat Anda akan menggoreng ikan. Hal ini bertujuan agar ikan tidak bersentuhan langsung dengan minyak panas atau alat masak sehingga menjaga kandungan omega-3.

Ikan tidak hanya di goreng, di rebus, di bakar atau di panggang, ikan juga bisa di fillet. Tetapi, tidak semua jenis ikan dapat dibuat fillet atau disayat dagingnya, misalnya ikan yang memiliki daging dengan tekstur lembut seperti bandeng atau ikan yang memiliki daging yang terlalu tipis.

Ikan yang cocok untuk disayat dagingnya adalah ikan dengan daging tebal seperti kakap, tenggiri, atau gurame. Bentuk potongan fillet juga beragam, bisa dalam bentuk kubus, jari, atau dipotong kotak ukuran besar untuk dimasak
steak ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *