Trik Memasak Sate Kambing dan Sapi Agar Empuk

Sate merupakan salah satu menu masakan yang cukup populer di masyarakat kita. Beragam sate dapat diolah dari kedua jenis daging ini, dari sate yang hanya digarami saja atau sate yang dimarinade dengan aneka bumbu seperti halnya sate marangi.

Sayangnya mengolah sate dari daging kambing atau sapi ini kadang akan sedikit merepotkan karena apabila kita kurang pandai memilih jenis serta cara mengolahnya, maka serat daging sate yang kita buat malah akan menjadi keras dan alot.

Berikut ada beberapa tips untuk membuat daging sate anda lebih istimewa karena teksturnya yang empuk.

1. Daun Pepaya

Cara yang paling tradisional sekaligus paling populer adalah dengan menggunakan daun pepaya. Daun pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi memecah protein daging sehingga hasilnya daging sate olahan kita akan menjadi lebih empuk.

Untuk mengempukan daging memakai daun pepaya ini cukup mudah, setelah daging dibersihkan, lumuri dengan bumbu kemudian bungkus dengan daun pepaya yang sudah agak diremas remas supaya getahnya keluar. Tapi memakai cara ini tidak perlu lama lama cukup 30-60 menit supaya daging tidak terlalu empuk.

Proses ini juga membantu meresapkan bumbu ke dalam daging.

2. Nanas

Nanas mengandung enzim bromelin yang berfungsi menguraikan serat-serat dalam daging, sehingga daging akan lebih empuk saat diolah menjadi sate. Sebelum digunakan, nanas diparut terlebih dahulu, kemudian lumurkan pada daging.

Namun karena enzim bromelin ini cukup kuat, maka jika daging direndam terlalu lama, akan cepat hancur saat dimasak. Setelah daging dibersihkan, rendam daging dalam parutan nanas selama 20-30 menit saja.

3. Kiwi

Mungkin anda akan heran, buah kiwi juga ternyata dapat digunakan sebagai pengempuk pada daging. Seperti halnya enzim papain pada pepaya dan enzim bromelin pada nanas, buah kiwi juga mengadung enzim actinidin yang memiliki fungsi sama sepert halnya kedua enzim di atas tadi, yaitu dapat dijadikan sebagai pengempuk daging.

Caranya, haluskan buah kiwi dengan cara diparut atau diblender, kemudian oleskan pada daging yang akan kita olah, lalu diamkan selama satu jam.

4. Pilih bagian has dalam

Selain ketiga cara alami di atas, untuk membuat sate anda empuk, jangan lupa anda pun harus jeli memilih bagian daging yang akan digunakan. Bagian daging has dalam atau biasa disebut tenderloin baik itu pada daging kambing atau pun daging sapi, merupakan salah satu bagian yang cocok untuk diolah menjadi sate.

Daging ini terletak pada bagian tengah badan sapi dengan tekstur yang lunak serta otot-ototnya yang halus. Oleh karena itu, proses memasaknya cukup singkat, sehingga bagian has dalam ini merupakan pilihan yang tepat untuk membuat sate.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *