Trik Mengolah Cumi-cumi Asin Agar Lezat dan Tak Alot

Tips mengolah cumi asin ini wajib kita ikuti apabila menginginkan masakan cumi yang lezat dan mantap.

Apalagi tekstur cumi asin yang kering membuat kita harus pandai-pandai mengolahnya agar cumi tidak alot. Namun, sebelum mengolahnya, pastikan dahulu kalau cumi asin yang kita piih benar-benar berkualitas baik.

Saat membelinya, pastikan cumi asin benar-benar bertekstur kering. Hati-hati dengan cumi asin bertekstur lembek karena proses pengolahannya bisa jadi melibatkan bahan-bahan kimia.

Selain itu, cumi asin yang basah juga bisa menjadi sarang binatang-binatang kecil. Cumi asin yang tepat juga harus berbau gurih dan bukannya tengik.

Agar cumi kita memiliki tekstur dan rasa yang pas, rendamlah dahulu di air panas selama 10 hingga 15 menit. Proses ini akan membantu menghilangkan kandungan garam berlebih yang digunakan untuk mengawetkan dan mengeringkan cumi ini.

Selain itu, air panas juga akan membantu menghidrasi kembali cumi ini sehingga teksturnya lembut dan kembali seperti cumi segar yang empuk. Setelah diseduh dengan air panas, bilaslah kembali cumi di air yang mengalir untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang tertinggal. Cumi asin seperti ini sudah siap untuk kita olah.

Jika ingin membuat tumisan, cumi asin berukuran kecil tidak perlu kita potong-potong. Cukup masak dengan bumbu dan bahan lain pilihan kita. Namun, jika ukurannya besar, cumi ini bisa kita potong-potong. Apalagi jika digunakan sebagai tambahan hidangan nasi bakar.

Waktu memasak cumi asin juga tidak perlu lama karena cumi ini sudah matang. Cukup masak ia hingga bumbunya meresap. Wah, pasti keluarga dan teman-teman tidak sabar untuk mencicipi cumi asin buatan kita.