Mana yang Lebih Sehat, Sarapan Dengan Roti atau Nasi?

Untuk mengecek jawaban apakah sarapan dengan roti jauh lebih sehat dari nasi atau sebaliknya, kita bisa melihatnya dari segi nutrisi mikro yang ada di dalam keduanya yuk.

Nutrisi Makro

Untuk mengecek jawaban apakah sarapan dengan roti jauh lebih sehat dari nasi atau sebaliknya, kita bisa melihatnya dari segi nutrisi mikro yang ada di dalam keduanya. Satu hal unik yang bisa kita jumpai adalah ternyata kandungan makro nutrien yang terdapat dalam nasi putih dengan roti tawar putih ini tak jauh berbeda.

Tapi lain halnya jika kamu mengonsumsi nasi merah atau roti gandum sebagai menu sarapan. Seporsi nasi merah mengandung 108 kalori, 3 gram protein, 1 gram lemak, dan 22 gram karbohidrat. Sedangkan untuk roti tawar gandum per-potongnya memiliki kandungan 69 kalori, 1 gram lemak, 4 gram protein,  dan 12 gram karbohidrat.

Serat

Sekarang kita cek dari segi kandungan seratnya. Apakah sarapan dengan roti jauh lebih sehat dibanding nasi atau sebaliknya? Kandungan serat dalam seporsi nasi putih ternyata sedikit lebih rendah dibanding kandungan serat pasa roti tawar putih.

Per porsi nasi putih hanya mengandung 0,3 gram serat dan roti tawar putih mengandung 0,4 gram serat di dalamnya. Sedangkan untuk nasi merah dengan roti tawar gandum, kandungannya seratnya ternyata sama per-porsinya yakni sebanyak 2 gram.

Vitamin

Kalau dilihat dari segi kandungan vitaminnya, keduanya ini memang tidak bisa memberikan asupan vitamin yang lebih alias mencukupi karena pada dasarnya, baik itu roti maupun nasi merupakan sumber makro nutrien. Nasi dan roti memang bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat dan kalori untuk tubuh setelah sarapan, tapi tidak dengan kebutuhan vitamin.

Oleh karena itu, kita harus menyantap nasi atau roti dengan makanan pendamping lain seperti sayur atau buah untuk mendapatkan asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh saat sarapan.

Mineral

Untuk membandingkan apakah sarapan dengan roti jauh lebih sehat dibanding nasi, kita juga bisa mengecek dari kandungan mineral yang dimiliki keduanya. Untuk kandungan mineral dalam nasi merah dinilai lebih tinggi jika dibandingkan nasi putih, roti tawar putih, atau roti tawar gandum.

Kandungan mineral pada nasi merah per porsinya adalah 42 mg dan bisa memenuhi kebutuhan magnesium hingga 11% dari nilai harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Lain halnya dengan kandungan folatyang ada pada roti dan nasi. Untuk roti, kandungan folatnya 43 gram per porsi. Sementara nasi memiliki kandungan folat sebesar 77 gram per porsinya.

Sebenarnya, baik itu sarapan dengan roti ini tak ada bedanya jika dilihat dari kandungan nutrisi. Yang terpenting adalah nasi atau roti tersebut disantap dengan pendamping apa saja.