Manfaat Dan Nutrisi Pisang Kepok Rebus Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Nutrisi Pisang Kepok

Bagi sebagian orang yang suka pisang kepok rebus, pasti ingin manfaat dan kandungan pisang kepok rebus untuk kesehatan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Melancarkan Pencernaan
Kandungan serat yang terdapat pada pisang kepok sangat efektif untyk membantu aktifitas dan kerja sistem pencernaan. Kandungan karbohidratnya juga cukup bagus untuk membantu mempertahankan gerak usus yang teratur dan menormalkan pembuangan fases.

2. Mencegah Sembelit
Zat pektin yang terdapat pada pisang kepok bermanfaat bagi sistem pencernaan karena sifatnya yang dapat melunakkan serta menyerap air dengan baik.

3. Mengatasi Maag
Seperti yang dijelaskan diatas, pisang kepok mengandung antasida alami yang baik untuk mengatasi masalah akibay asam lambunh, termasuk penyakit maag.

4. Kaya Akan Kalium
Kalium sangat penting bagi tubuh manusia yaitu untuk mmbentuk pembentukan sel, pembentukan jaringan, dan pembentukan organ tubuh. Kalium disebut juga dengan postasium. Kalium bisa ditemukan pada pisang kepok ini.

5. Baik Untuk Ginjal
Senyawa kalium juga sangat membantu kesehatan ginjal dan mencegah batu ginjal. Selain itu pisang kepok memiliki senyawa fenolik antioksidan yang dapat membantu menjaga fungsi ginjal.

6. Menguatkan Tulang
Tulang membutuhkan kalsium agar tetap sehat dan kuat menopang tubuh. Pisanh kepok dapat membantu menguatkan tulang bukan karena kalsium tapi karena memiliki kandungan prebiotik yang dinamakan fructooligosaccharide. Prebiotik ini yang membantu tulang untuk menyerap kalsium dengan baik.

7. Meningkatkan Energi
Pisang kepok memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, sehingga bisa sebagai alternatif sumber energi untuk menjalakna aktifitas sehari-hari.

8. Mengontrol Gula Darah
Kandungan gula pada pisang kepok sangatlah rendah sehingga baik untuk penderita diabetes. Selain itu pisang kepok memiliki karbohidrat yang cukup banyak yang bisa membuat perut kenyang sehingga bisa mengurangi konsumsi karbohidrat lain seperti nasi yang memiliki kandungan gula tinggi.

Manfaat pisang kepok yang di rebus tidak jauh beda dengan pisang kepok yang tidak direbus, karena kandungan nutrisi pada pisang kepok yang direbus tidak menghilang pada saat direbus. Perbedaanya terletak pada rasa juga tekstur.