Menggoreng Kerupuk, Anti Gagal dan Anti Bantat

Menggoreng kerupuk kelihatannya merupakan pekerjaan paling gampang. Tetapi siapa sangka, beberapa orang pernah mengalami kegagalan saat menggoreng kerupuk.

Ada yang gosong bahkan bantat atau tidak mekar, hasilnya di luar harapan, deh. Nah, berikut ini ada tips sederhana menggoreng kerupuk yang bisa dicoba. Dijamin anti gagal dan anti bantat. Seperti apa?

1. Jemur kerupuk sebelum digoreng

Sebenarnya langkah ini terkesan sepele dan sering tak dilakukan. Hal ini dikarenakan kerupuk yang sudah dikemas akan baik-baik saja. Meski ada yang berhasil menggoreng kerupuk dengan sempurna, namun tak jarang mengecewakan hasilnya, yaitu tidak mekar.

Ada baiknya sebelum digoreng, kerupuk tersebut dijemur di bawah sinar matahari. Kerupuk yang biasa dikemas dalam plastik tebal kemungkinan lembap. Apalagi, kerupuk yang bahannya terbuat dari ketan.

Mengandung air sedikit saja, maka akan sulit mekar. Ketika dijemur, supaya aman dari jangkauan binatang, bisa ditutupi dengan plastik tipis.

2. Perhatikan ukuran wajan dan minyak

Tips yang kedua yaitu jangan gunakan wajan datar, ya! Pilih wajan yang berbentuk cekung. Hal ini sangat memudahkan untuk menggoreng dalam jumlah yang banyak. Untuk penggunaan minyak, tuang sampai kira-kira 3/4. Jangan pelit minyak agar matang sempurna.

3. Perhatikan api kompor

Kerupuk sangat mudah gosong ketika digoreng. Jadi, jika ingin api besar, kamu harus cekatan dalam mengangkat kerupuk dari minyak ketika matang. Kalau bisa tetap stabil. Apabila langsung dikecilkan saat menggoreng kerupuk, maka hasilnya cenderung tidak mekar.

4. Kenali jenis kerupuk

Ada beberapa jenis kerupuk yang dijumpai dan tentunya masing-masing berbeda dalam menggoreng, di antaranya:

  • Emping, kerupuk bawang, kerupuk kulit: Goreng sekaligus banyak saat minyak panas dengan menggunakan api besar.
  • Kerupuk yang berbentuk lilitan, misal ikan, sagu, dan mi: Goreng satu per satu di dalam minyak panas tetapi dengan menggunakan api yang kecil.
  • Kerupuk gendar yang terbuat dari kerak nasi: Goreng satu atau beberapa dalam minyak panas dengan api sedang.
  • Kerupuk udang atau ikan yang besar: Goreng satu per satu dalam minyak panas yang apinya besar. Jika ingin menekuk kerupuk, segera balik dan tekuk agar melebar.

5. Tidak boleh diselingi dengan kegiatan apapun

Masak apapun, sebisa mungkin untuk fokus agar mendapatkan hasil yang maksimal. Apalagi saat goreng kerupuk, kamu malah sambil scrolling media sosial. Nanti, kamu akan kelabakan ketika kerupuk matang dan bahkan bisa-bisa berakhir gosong.

Demikian lima tips sederhana dalam menggoreng kerupuk agar tidak gagal dan bantat. Bagi kamu yang saat ini masih mengalami kesusahan dalam menggoreng kerupuk, semoga cara ini bisa membantu.