Tips Membuat Daging Menjadi Empuk

Kali ini saya mau berbagi tips untuk mengempukkan daging yang mungkin sering jadi pertanyaan bagi anda yang suka memasak.

Berikut beberapa bahan-bahan yang bisa digunakan untuk mengempukkan daging tanpa menghilangkan rasanya atau mengurangi teksturnya :

Garam laut

Garam akan menghancurkan ikatan protein dalam daging sehingga daging akan terasa empuk. Taburkan garam laut (berbeda dari garam dapur) keseluruh permukaan daging, diamkan kira-kira 1 jam sebelum diolah.

Madu

Madu mengandung enzim protease yang bisa memecah protein sehingga daging menjadi empuk. Balurkan madu keseluruh permukaan daging, remas-remas beberapa saat sebelum diolah akan membuat daging lebih empuk.

Teh

Kandungan tanin dalam teh berfungsi sebagai pengempuk alami. Rendam daging dalam 1-2 cangkir teh yang hitam pekat selama beberapa menit.

Saus tomat

Tomat mengandung asam yang cukup tinggi yang berguna untuk membuat daging menjadi empuk, cukup dengan melumurkan saus tomat keseluruh permukaan daging.

Cuka

Cuka juga bisa memberikan rasa unik pada daging, anda bisa menggunakan berbagai macam cuka seperti balsamic, cuka yang biasa anda gunakan di dapur atau cuka apel.

Jus jeruk dan nanas

Kandungan asam yang tinggi dalam jus buah dapat membantu melunakkan daging, menggunakan jus dengan kandungan asam yang tinggi seperti lemon, jeruk nipis atau nanas bisa sangat membantu.

Demikian sekian tips dari saya yang saya harap bisa berguna untuk mengatasi kebingungan anda sekalian, bisa dipilih ingin menggunakan bahan apa yang sesuai kebutuhan dan bisa di cocokkan dengan waktu dalam prosesnya, juga bisa dipilih berdasarkan kemudahan dalam penyimpanan bahan nya, dikarenakan ada bahan yang mempunyai waktu penyimpanan lama, dan ada juga yang harus digunakan sesegera mungkin.