Tips Menyimpan Susu Agar Tahan Lama

Susu tidak memiliki zat antibakteri, sehingga rentan terkontaminasi jamur atau bakteri dan membuatnya mudah basi. Untuk itu, cara penyimpanannya pun harus benar-benar diperhatikan. Nah, berikut tips menyimpan susu supaya kesegarannya bisa bertahan lebih lama, di antaranya:

1. Beli susu di saat-saat terakhir

Ketika sedang berbelanja dan hendak membeli susu, sebaiknya pilih terlebih dahulu bahan-bahan lainnya. Setelah semua daftar belanjaan terpenuhi dan hanya tinggal membayar, barulah ambil si produk susu. Dengan begitu, kita bisa meminimalisasi paparan suhu ruangan pada susu, dan temperaturnya akan tetap konstan dalam waktu lebih lama.

2. Simpan di tempat yang tepat

Susu sapi harus disimpan pada suhu 0 – 4 derajat celsius agar tak basi. Nah, area yang paling baik untuk menyimpan susu di kulkas adalah bagian bawah, dan berada di posisi paling belakang. Area tersebut adalah bagian kulkas yang paling dingin, dengan suhu yang stabil. Dengan begitu, susu tak akan cepat membusuk dan terbuang percuma.

3. Jangan letakkan di suhu ruangan terlalu lama

Sebisa mungkin, jaga agar susu tak berada di suhu ruangan dalam waktu terlalu lama, supaya kesegarannya tetap terjaga. Setelah menuangnya ke dalam gelas, segera kembalikan kotak susu ke dalam kulkas. Jangan lupa untuk memastikan kemasannya tertutup rapat, supaya tak terkontaminasi dengan bau dari bahan-bahan lain yang juga disimpan dalam kulkas.

4. Bekukan susu

Bila kamu ingin menyimpan susu dalam jangka waktu yang lebih lama, cobalah untuk membekukannya dalam freezer. Ketika susu sudah membeku, ia bisa bertahan hingga tiga bulan lamanya.

Seluruh nutrisinya pun masih akan tetap terjaga meski susu dibekukan. Hanya saja, teksturnya mungkin akan sedikit berubah ketika telah dicairkan kembali, sehingga perlu dikocok terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.